Tugas Kelompok: Klik disini
Pertemuan ke-1: Klik disini
Pertemuan ke-2: Klik disini
|
RENCANA KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP) PRODI MAGISTER ILMU PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS RIAU
|
- Jurusan/Program Studi : Agroteknologi/ Magister Ilmu Pertanian
- Mata Kuliah : Biokimia Tumbuhan
- Kode Mata Kuliah : AGR (513)
- Jumlah Satuan Kredit Semester : 3 (2-1) SKS
- Jumlah Temu Muka : 16 kali
- DESKRIPSI MATA KULIAH :
Membahas tentang sel dan organel tumbuhan, fotosintesis, respirasi, metabolism biomolekul, penekanan dilakukan pada protein, enzim dan DNA. Selain itu dipelajari juga senyawa metabolik sekunder serta genome sel dan rekayasa genetik tumbuhan.
- 7. STANDAR KOMPETENSI :
Setelah mempelajari mata kuliah Biokimia Tumbuhan diharapkan mahasiswa mampu memahami metabolisme yang terjadi dalam sel tumbuhan dan proses biokimia yang terkait dengan rekayasa genetika tumbuhan serta mampu mengaplikasikan dalam bidang pertanian.
- Sistem Penilaian:
- Praktikum : 25 %
- Quiz : 5 %
- Tugas : 10 %
- Ujian Tengah Semester (1 kali) : 30 %
- Ujian Akhir Semester (1 kali) : 30 %
- Sumber Belajar:
- Heldt, H-W. (2005). Plant Biochemistry. Elsevier, Inc. California.
- Salisbury, F. B., Ross, C. W. (1992). Plant Physiology. 4th edition. Wadsworth Publ. Co., California
- Nelson, D. L. , Cox, M. M. (2008). Lehninger Principles of Biochemisstry. 5th edition. W.H. Freeman, New York.
- Tymoczko,J. L., Berg, J. M., Stryer, L. (2010). Biochemistry: A short course. W. H. Freeman and Company, New York.
- Catatan: Selain handout akan diberikan oleh masing-masing dosen, mahasiswa dapat menggunakan buku versi terjemahan dari no.2, 3 (Dasar-dasar Biokimia Lehninger jilid 1,2 dan 3), dan 4 (Biokimia Stryer) yang dapat diperoleh di toko buku buku.
RENCANA KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
ALOKASI WAKTU |
Mahasiswa mampu memahami struktur dan fungsi protein
|
Protein & Enzimologi: Struktur protein, fungsi protein, hubungan struktur protein dengan fungsinya |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami fungsi dan kinetika enzim
|
Enzim dan kinetika enzim |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami senyawa penghambat enzim, tipe-tepe inhibisi dan isozim
|
Inhibisi enzim, tipe-tipe inhibisi enzim dan isozim |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan tehnik-tehnik pemurnian protein dan penggunaan berbagai jenis kromatografi dan amini acid analyzer
|
Tehnik-tehnik biokimia untuk penelitian protein tanaman: Pemurnian protein, Kromatografi gel filtrasi, kromatografi afinitas, kromatografi penukar ion, HPLC, Amino acid analyzer
|
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan tehnik-tehnik pemurnian protein serta penentuan aktivitas enzim dan spesifik enzim serta SDS-PAGE
|
Lanjutan tehnik-tehnik untuk penelitian protein tanaman:Evaluasi kemurnian protein, cara penentuan aktivitas enzim dan aktivitas spesifik enzim, Elektrophoresis SDS-PAGE
|
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami genome sel dan DNA tumbuhan
|
Genome sel tanaman: Chromosome, DNA Plastid, DNA mitochondria; Transkripsi, sintesis protein
|
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan penggunaan Electrophoresis untuk analisis DNA, RFLP dan PCR |
Electrophoresis agar untuk analisis DNA, RFLP, PCR |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|||
Mahasiswa mampu memahami tehnik rekayasa tanaman transgenik
|
Rekayasa tanaman transgenic |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami proses bikokmia selama proses fotosintesis
|
Fotosintesis
|
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama berlangsungnya Siklus Calvin
|
Siklus Calvin |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama terjadinya Asimilasi Nitrat: |
Asimilasi Nitrat: Reduksi nitrat, Tempat berlangsungnya asimilasi nitrat, kontrol asimilasi nitrat, Produk akhir asimilasi nitrat |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama fiksasi nitrogen
|
Fiksasi nitrogen: Symbiosis dengan mikroba; kondisi oksigen pada fiksasi nitrogen
|
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia untuk berlangsungnya protein tersimpan dalam tumbuhan
|
Protein yang disimpan: Globulins; Prolamin; Protein-2S; Peranan Endoplasma rektikulum; Proteinase |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
Mahasiswa mampu memahami pembentukan senyawa metabolit sekunder dan fungsi spesifik ekologik pada tumbuhan
|
Metabolit sekunder dan fungsi spesifik ekologik pada tumbuhan: Fungsi metabolit sekunder untuk tanaman; alkaloid; asam prusat; asam amino khusus pelindung tumbuhan |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami pembentukan Hormon-hormon pengatur perkembangan tumbuhan |
Hormon-hormon pengatur perkembangan tumbuhan: Rantai penyampaian pesan melalui hormone; Phytohormon: Auxin, Giberelin, Sitokinin, Asam absisat, Etilen, Hormon steroid & peptide tanaman, sensor cahaya |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
2 x 50 menit |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
RENCANA PEMBELAJARAN (RP) MATAKULIAH BIOKIMIA TUMBUHAN (AGR 513/3 SKS) (SEMESTER GENAP)
|
STANDAR KOMPETENSI MATAKULIAH :
Setelah mempelajari mata kuliah Biokimia Tumbuhan diharapkan mahasiswa mampu memahami metabolisme yang terjadi dalam sel tumbuhan dan proses biokimia yang terkait dengan rekayasa genetika tumbuhan serta mampu mengaplikasikan dalam bidang pertanian
KOMPETENSI DASAR MATAKULIAH :
- Mahasiswa mampu memahami proses biokimia yang terjadi dalam sel tumbuhan meliputi fotosintesis, siklus Calvin, fiksasi nitrogen, asimilasi nitrat dan sulfur, pembentukan senyawasenyawa metabolit sekunder dan hormon pengatur perkembangan tumbuhan
- Mahasiswa mampu mengetahui protein,dan fungsinya, memahami enzim beserta fungsi dan aktivitasnya selama metabolisme pada tumbuhan
- Mahasiswa mampu memahami genome sel dan DNA tumbuhan dan prinsip dasar rekayasa genetik pada tumbuhan
- Mahasiswa mampu mempraktekkan tehnik-tehnik biokimia untuk isoalsi dan pemurnian protein dan enzim menggunakan berbagai jenis kromatografi dan Elektrophoresis SDS-PAGE
MINGGU KE |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
BENTUK PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
BOBOT NILAI (%) |
|
1 |
Mahasiswa mampu memahami struktur dan fungsi protein
|
Protein & Enzimologi: Struktur protein, fungsi protein, hubungan struktur protein dengan fungsinya |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
2 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi dan kinetika enzim
|
Enzim dan kinetika enzim |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
3 |
Mahasiswa mampu memahami senyawa penghambat enzim, tipe-tepe inhibisi dan isozim
|
Inhibisi enzim, tipe-tipe inhibisi enzim dan isozim |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
4 |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan tehnik-tehnik pemurnian protein dan penggunaan berbagai jenis kromatografi dan amini acid analyzer
|
Tehnik-tehnik biokimia untuk penelitian protein tanaman: Pemurnian protein, Kromatografi gel filtrasi, kromatografi afinitas, kromatografi penukar ion, HPLC, Amino acid analyzer
|
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
5 |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan tehnik-tehnik pemurnian protein serta penentuan aktivitas enzim dan spesifik enzim serta SDS-PAGE
|
Lanjutan tehnik-tehnik untuk penelitian protein tanaman:Evaluasi kemurnian protein, cara penentuan aktivitas enzim dan aktivitas spesifik enzim, Elektrophoresis SDS-PAGE
|
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
6 |
Mahasiswa mampu memahami genome sel dan DNA tumbuhan
|
Genome sel tanaman: Chromosome, DNA Plastid, DNA mitochondria; Transkripsi, sintesis protein
|
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
7 |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan penggunaan Electrophoresis untuk analisis DNA, RFLP dan PCR |
Electrophoresis agar untuk analisis DNA, RFLP, PCR |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) | Ujian tertulis | 30% | |||
9 |
Mahasiswa mampu memahami tehnik rekayasa tanaman transgenik
|
Rekayasa tanaman transgenik |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
10 |
Mahasiswa mampu memahami proses bikokmia selama proses fotosintesis
|
Fotosintesis
|
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
11 |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama berlangsungnya Siklus Calvin
|
Siklus Calvin |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
12 |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama terjadinya Asimilasi Nitrat: |
Asimilasi Nitrat: Reduksi nitrat, Tempat berlangsungnya asimilasi nitrat, kontrol asimilasi nitrat, Produk akhir asimilasi nitrat |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
13 |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia selama fiksasi nitrogen
|
Fiksasi nitrogen: Symbiosis dengan mikroba; kondisi oksigen pada fiksasi nitrogen
|
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
14 |
Mahasiswa mampu memahami proses biokimia untuk berlangsungnya protein tersimpan dalam tumbuhan
|
Protein yang disimpan: Globulins; Prolamin; Protein-2S; Peranan Endoplasma rektikulum; Proteinase |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
15 |
Mahasiswa mampu memahami pembentukan senyawa metabolit sekunder dan fungsi spesifik ekologik pada tumbuhan
|
Metabolit sekunder dan fungsi spesifik ekologik pada tumbuhan: Fungsi metabolit sekunder untuk tanaman; alkaloid; asam prusat; asam amino khusus pelindung tumbuhan |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
16. |
Mahasiswa mampu memahami pembentukan Hormon-hormon pengatur perkembangan tumbuhan |
Hormon-hormon pengatur perkembangan tumbuhan: Rantai penyampaian pesan melalui hormone; Phytohormon: Auxin, Giberelin, Sitokinin, Asam absisat, Etilen, Hormon steroid & peptide tanaman, sensor cahaya |
Kuliah dan Diskusi |
Tanya jawab pada jelang akhir tatap muka |
||
17 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |
Ujian tertulis |
30 | |||
|
KONTRAK PERKULIAHAN BIOKIMIA TUMBUHAN (AGR-513) PRODI MAGISTER ILMU PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN-UNIVERSITAS RIAU
|
DOSEN PENGAMPU:
- Prof. Dr. Titania T. Nugroho, M.S. (Singkatan: TTN); email: titanianugroho@gmail.com
- Prof. Dr. Saryono, M. Si. (Singkatan SAR); email: sar_62@yahoo.co.id
- Prof. Dr. Usman Pato, M. Sc. (Singkatan UP); email: usmanpato@yahoo.com
No: |
Pokok bahasan/sub-pokok bahasan |
Waktu |
Dosen |
1. | Protein & Enzimologi: Struktur protein, fungsi protein, hubungan struktur protein dengan fungsinya. | Semester genap |
SAR |
2. | Enzim dan kinetika enzim | Semester genap |
SAR |
3. | Inhibisi enzim, tipe-tipe inhibisi enzim, dan isozim | Semester genap |
SAR |
4. | Tehnik-tehnik biokimia untuk penelitian protein tanaman: Pemurnian protein, Kromatografi gel filtrasi, kromatografi afinitas, kromatografi penukar ion, HPLC, Amino acid analyzer. |
Semester genap |
SAR |
5. | Lanjutan tehnik-tehnik untuk penelitian protein tanaman:Evaluasi kemurnian protein, cara penentuan aktivitas enzim dan aktivitas spesifik enzim, Elektrophoresis SDS-PAGE. | Semester genap |
SAR |
6. | Genome sel tanaman: Chromosome, DNA Plastid, DNA mitochondria; Transkripsi, sintesis protein. | Semester genap |
TTN |
7. | Electrophoresis agar untuk analisis DNA, RFLP, PCR | Semester genap |
TTN |
8. | Ujian Tengah Semester | Semester genap |
SAR & TTN |
9. | Rekayasa tanaman transgenic | Semester genap |
TTN |
10. | Fotosintesis | Semester genap |
TTN |
12. | Siklus Calvin | Semester genap |
TTN |
13. | Asimilasi Nitrat: Reduksi nitrat, Tempat berlangsungnya asimilasi nitrat, kontrol asimilasi nitrat, Produk akhir asimilasi nitrat | Semester genap |
UP |
14. | Fiksasi nitrogen: Symbiosis dengan mikroba; kondisi oksigen pada fiksasi nitrogen | Semester genap |
UP |
15. | Protein yang disimpan: Globulins; Prolamin; Protein-2S; Peranan Endoplasma rektikulum; Proteinase. | Semester genap |
UP |
16. | Metabolit sekunder dan fungsi spesifik ekologik pada tumbuhan: Fungsi metabolit sekunder untuk tumbuhan; alkaloid; asam prusat; asam amino khusus pelindung tumbuhan | Semester genap |
UP |
17. | Hormon-hormon pengatur perkembangan tumbuhan: Rantai penyampaian pesan melalui hormone; Phytohormon: Auxin, Giberelin, Sitokinin, Asam absisat, Etilen, Hormon steroid & peptide tumbuhan, sensor cahaya. | Semester genap |
UP |
18. | Ujian akhir semester | Semester genap |
TTN & UP |